Sunday, December 14, 2008

Menambah Placemark/ Tanda Lokasi Google Earth

Untuk menandai atau menambahkan tanda lokasi (placemark) suatu tempat ke dalam aplikasi Google Earth (GE) anda mungkin bisa mencoba cara berikut. Tapi, tahukah anda fungsi placemark tersebut? Jadi, placemark atau penanda tempat ini adalah salah satu fitur yang disediakan oleh GE untuk memudahkan anda mengingat suatu lokasi/tempat semisal rumah anda, kantor anda, atau tempat manapun di dunia ini yang ingin anda sewaktu-waktu dapat langsung anda lihat tanpa perlu mencari-cari secara manual kembali di waktu yang lain. Nah, caranya bisa anda coba seperti berikut:
  • Jalankan aplikasi Google Earth dari PC/Laptop anda, jika sudah terinstall maka anda dapat meng-klik icon Google Earth pada desktop.

  • Mengarahkan GE ke lokasi kota anda, ini bisa dilakukan secara manual (zooming/ perbesar) atau secara otomatis dengan cukup memasukkan nama kota anda ke box/ kotak "fly to" (terbang ke) di sisi kiri atas pada sub menu "Search". Pada gambar berikut saya ambil contoh kota Makassar.


  • Jika anda sudah mendapatkan gambar kota anda dari jarak tertentu, anda bisa mulai melakukan pencarian secara manual tempat-tempat favorite yang ingin anda simpan tersebut dengan melakukan zooming yang bisa dilakukan dengan cara klik2X pada lokasi tersebut, atau menggunakan map direction di sisi kanan atas.

  • Mulailah menambahkan placemark anda yang sebelumnya telah anda temukan secara manual (misalnya rumah anda). Dalam contoh di bawah kami menambahkan placemark stadion di kota Makassar. Dengan mengklik icon bergambar peniti+, atau pada menu Add--> Placemark maka sebuah window akan muncul untuk entry data2 yang anda ingin tambahkan. Seperti gambar berikut ini:


  • Setelah placemark anda sudah tersimpan secara temporary (sementara), maka anda dapat mengganti icon placemark anda dengan tema yang diinginkan. Caranya adalah dengan klik kanan pada ikon placemark anda kemudian masuk di pilihan Properties, kemudian akan muncul pop up windows placemark yang telah anda simpan dan anda bisa memodifikasi tampilan ikon anda. Pada contoh, default icon untuk placemark adalah icon peniti diubah menjadi icon sepakbola (sesuai dengan tema stadion sepakbola).


  • Selamat, anda sudah berhasil menambahkan placemark (penanda tempat) dari aplikasi Google Earth.

1 comment:

  1. mau tanya, apakah placemark bisa diketahui orang lain? atau ketika google lain buka, bisa dicari?

    ReplyDelete