Saturday, December 13, 2008

Aplikasi Google Earth

Mks, [th0t@]
Perkembangan teknologi internet berikut aplikasi yang beragam dan berubah setiap detiknya mengharuskan kita untuk menjadi bagian dari apa yang disebut komunitas “dunia maya”, sebuah rimba yang dihuni oleh miliaran penduduk dunia dan berinteraksi lewat jejaring internet. Border suatu negara tidak lagi dapat membatasi kebebasan seorang pengguna internet untuk melancong ke negara lainnya. Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan bagi sebagian penduduk dunia untuk memenuhi sebagian kebutuhan hidupnya (e-lifestyle). Informasi apa saja yang kita inginkan akan tersaji di depan mata begitu cepat tentunya dengan akses internet Broadband via aplikasi mesin pencari (Search Engine) saat anda tengah mengakses internet di kafe-kafe berfasilitas wi-fi (wide fidelity) atau tempat-tempat yang telah memiliki Hotspot Area. Atau, ketika anda ingin mempunyai sebuah toko virtual; internet akan membantu anda berbisnis dan mendapatkan income tanpa perlu menyewa ruko ataupun merchant di mal secara fisik, cukup membuat website dengan tampilan menarik yang akan membuat calon pembeli tertarik memesan/order barang yang anda tawarkan dengan aplikasi e-bussiness. Sangat banyak potensi fungsi internet yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan bagi seorang pelaku bisnis, pelajar/mahasiswa, pendidik/dosen, ataupun karyawan yang mungkin belum sempat kita eksplorasi sepenuhnya saat ini.
Salah satu aplikasi di internet yang cukup menarik untuk digunakan adalah Google Earth (GE). Google Earth adalah software GIS (Geographical Information System) yang disediakan oleh Google Search Engine dan Perusahaan afiliasinya untuk pengguna dunia maya yang memungkinkan kita menelusuri setiap ranah belahan dunia. Mungkin saat ini ada beberapa macam aplikasi sejenis dengan berbagai fitur untuk memanjakan pengunjungnya. Namun, kami memilih Google Earth sebagai aplikasi yang mudah, freeware (gratis) dan terus berkembang (update) dari segi fitur-fiturnya. Selain itu, nama Google telah menjadi jaminan kualitas mesin pencari di Internet dengan server database yang tidak terbatas.
Di dalam GE, anda tidak saja diberikan berbagai tampilan peta dunia secara lengkap namun juga berbagai fitur dan kemudahan ada di dalamnya.
Untuk menjalankan program ini, tentunya anda perlu mendownload program/software/installer GE terlebih dahulu. Sangat mudah mencari server mirror untuk mengunduh aplikasi GE ini. tinggal anda yg memilih. File installernya adalah "Google_Earth_BZXV" kurang lebih 12,7 MB.
Setelah melakukan instalasi, anda sudah bisa menggunakan berbagai fasilitas dalam GE; diantaranya, mencari peta lokasi tentunya, jalan, tempat wisata, dll.
Jadi, selamat menggunakan Google Earth untuk keperluan anda masing-masing, karena akan sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari aplikasi ini.


++ adios....

No comments:

Post a Comment